Edi Purwanto Ditantang “Merahkan” Jambi, PDIP Bidik Kemenangan Tiga Pilkada

Senin, 23 Maret 2015 - 12:54:43


Pengurus DPD PDI Perjuangan Provinsi Jambi yang mengikuti prosesi pelantikan. Hingga lima tahun kedepan Edi Purwanto akan menahkodai PDI Perjuangan Jambi.
Pengurus DPD PDI Perjuangan Provinsi Jambi yang mengikuti prosesi pelantikan. Hingga lima tahun kedepan Edi Purwanto akan menahkodai PDI Perjuangan Jambi. /

RADARJAMBI.CO.ID, KOTA JAMBI -Wakil Ketua DPP PDIP, Dr Ribka Tjiptaning menegaskan pada Pilkada serentak Desember 2015 ini PDIP harus mampu memenangi Pilkada, baik provinsi maupun kabupaten/kota termasuk di Jambi sendiri. 

"Rebutkan Jambi, merahkan Jambi ini, ini pesan saya kepada ketua DPD terpilih," ujarnya usai melantik pengurus DPD PDIP Provinsi Jambi, akhir pekan lalu (21/3).

Selain itu, Ribka juga menegaskan, PDIP bukan partai yang diwariskan pada zaman orde baru. Dirinya meminta kepada pengurus partai bisa mempertahankan capaian partai. Bahkan bila perlu, kata dia, Provinsi Jambi bisa menjadi merah yang artinya PDIP harus memenangkan Pilkada di tiap kabupaten/kota.
"Pengurus partai dari berbagai tingkatan harus bisa menjadi pemimpin bukan hanya sebagai pemimpim," tegasnya.

Untuk itu, dirinya berharap kepada pengurus DPD PDIP Jambi periode 2015-2020 harus bisa melahirkan pemimpin-pemimpin yang handal dan bisa mengambil keputusan.

"Kita harus menciptakan pemimpin bukan hanya pemimpi," kata Ribka di depan pengurus DPD PDIP Jambi.

Pada kesempatan itu, Ribka berkesempatan memimpin pembacaan ikrar sumpah jabatan pengurus DPD PDIP Jambi periode 2015-2020 yang diketuai Edi Purwanto dan Sekretaris, Chumaidi Zaidi.

Edi Siap “Merahkan” Jambi.

Sementara itu, Ketua DPD PDIP Jambi yang baru saja terpilih, Edi Purwanto mengaku siap.

Ia juga menyatakan akan menyapa seluruh kader PDID di Jambi di DPC hingga ranting partai. Hal ini, kata dia, untuk menguatkan kembali tubuh partai usai pemilihan ketua DPD.

“Kami bertekad partai semakin solid dan menjadikan Jambi basis PDIP,” ujar Edy Purwanto.

“Kita akan menjawab tantangan DPP untuk memerahkan Jambi,” sambungnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, salah satu keinginannya usai dipilih sebagai Ketua DPD PDIP Jambi adalah memenangkan sejumlah proses Pilkada baik pemilihan gubernur maupun bupati di Jambi.

Ia juga berjanji akan mengutamakan kader murni bisa maju pada pertarungan pemilihan kepala daerah. Khusus menghadapi Pilgub Jambi, Desember 2015 mendatang, Edy mengaku akan melihat pilihan dari seluruh kader mengenai siapa yang bakal diusung.

"Untuk Pilgub saat ini masih nama pak Irsal, cuma nanti kita akan lihat, akan rapatkan barisan semua ketua cabang, pengurus PAC nanti kita konsolidasi," sebutnya.

Terpisah, Ketua DPD PDIP demisioner, Irsal Yunus mengaku senang dan puas atas terpilihnya Edi Purwanto, karena hal ini sangat wajar dan lumrah pada setiap organisasi yang memang harus melakukan regenerasi, baik regenerasi secara fisik maupun secara mental dan pikiran.

"Insya Allah dengan ditunjuknya Edi Purwanto yang jauh-jauh hari sudah memang saya canangkan. Dua tahun yang lalu sayang canangkan untuk bisa menggantikan posisi saya dan alhamdulillah sesuai harapan saya," jelasnya.

Irsal berpesan, agar Edi serta jajaran pengurus lainnya bisa membawa PDIP di Jambi makin solid. Bahkan, kata dia, PDIP Jambi bisa merebut kursi di tiap Pemilu.

Apalagi saat ini, PDIP adalah partai penguasa, sehingga ini menjadi keuntungan tersendiri bagi kepengurusan Edi dan jajarannya. (zou)